Ciri Proses Komunikasi


Ada beberapa ciri yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi sebagai berikut :
1.     Jumlah interaksi dan komunikasi yang ditunjukkan untuk mencapai tujuan organisasi
2.     Arah saluran komunikasi
3.     Komunikasi ke bawah:
·        Di mana inisiatif muncul.
·        Besarnya komunikasi yang diterima oleh staf.
4.     Komunikasi ke atas:
·        Kesesuaian komunikasi ke atas lewat organisasi lini.
·        Rasa tanggung jawab staf untuk merintis komunikasi ke atas yang akurat.
·        Kekuatan yang mengarah ke informasi yang akurat atau mengganggu.
·        Akurasi komunikasi ke atas lewat garis yang telah ditetapkan.
·        Perlunya sistem komunikasi ke atas tambahan.
·        Ketertutupan psikologis pimpinan kebawah (bagaimana pimpinan mengetahui problem yang dihadapi bawahan).[1]

Setidaknya dalam proses komunikasi dalam organisasi harus sama-sama memiliki tujuan untuk mengembangkannya, dengan demikian komunikasi harus terjalin dengan baik. Dalam organisasi pasang surut komunikasi sudah hal biasa akan tetapi yang harus dipegang komitmen pimpinan dalam berkomunikasi dengan para bawahan harus tetap terjaga dengan baik.


[1] Hendyat Soetopo, Prilaku Organisasai

Comments

Popular Posts